Melansir Star News via Naver, tiga agensi hiburan raksasa itu bersama SK Telecom menggelar upacara penandatanganan kesepakatan pada Rabu (31/1) untuk merilis distribusi musik secara business to business (B2B) dan platform layanan musik business to consumer (B2C).
Kesepakatan itu dibuat demi membentuk sebuah siklus untuk produksi konten, menciptakan sebuah ekosistem yang lebih efisien dan ramah industri, serta menyediakan sebuah layanan musik yang baru dan berbeda yang menggunakan teknologi seperti AI dan blockchain.
Mulai 1 Februari, distribusi B2B dari konten album dan musik digital produksi SM Entertainment, JYP Entertainment, dan Big Hit Entertainment akan dilakukan melalui anak perusahaan SK Telecom, iriver.
Berbeda dari sistem distribusi tradisional, tiga agensi itu akan berpartisipasi secara aktif dalam proses distribusi, membentuk kebijakan untuk suplai dan distribusi konten, dan mengerjakan internalisasi sistem.
Kerjasama ini bertujuan untuk membantu pengembangan bisnis dan industri hiburan jangka panjang. Mereka juga akan mempertimbangkan teknologi blockchain untuk melindungi hak cipta musik dan meningkatkan transparansi rekaman transaksi.
Sejauh ini, baru tiga perusahaan hiburan itu yang berpartisipasi dalam kerjasama ini. Namun, seiring sistem ini dites dan dikembangkan, diperkirakan sepanjang tahun ini lebih banyak agensi yang tertarik untuk bergabung.
Upacara penandatanganan kesepakatan dilakukan di kantor utama SK Telecom. Acara ini dihadiri bos besar masing-masing agensi tersebut, yakni CEO SM Entertainment Han Se Min dan Kim Young Min, CEO JYP Entertainment Jung Wook, CEO Big Hit Entertainment Bang Shi Hyuk, dan pejabat SK Telecom No Jong Won.
SM Entertainment membawahi banyak musisi papan atas Korea Selatan, seperti EXO, Super Junior, SHINee, Red Velvet, NCT, BoA, dan lain sebagainya. Adapun JYP Entertainment memiliki sejumlah artis yang tengah naik daun, termasuk Twice, Got7, dan Day6.
Adapun BigHit Entertainment menaungi BTS, grup idola yang belakangan sering muncul di tajuk utama berita hiburan, baik di Korea Selatan maupun global, karena prestasinya dalam menembus pasar musik internasional.
Baca Kelanjutan SM, JYP, BigHit Entertainment Kolaborasi Bikin Layanan Musik - CNN Indonesia : http://ift.tt/2DRRf3R
Bagikan Berita Ini
0 Response to "SM, JYP, BigHit Entertainment Kolaborasi Bikin Layanan Musik - CNN Indonesia"
Post a Comment